Untuk Kesejahteraan Petani Dinas Pertanian Gelar Sosialisasi Bibit Padi Hibrida

Pertanian32 Views
banner 468x60

Kepahiang, www.jejakdaerah.comDinas Pertanian dan Peternakan  Kabupaten Kepahiang menggelar sosialisasi dan koordinasi bantuan benih padi hibrida bagi anggota kelompok tani untuk tahun anggaran tahun 2022, Kamis (21/04) di Aula Distan.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan  Kabupaten kepahiang Hernawan melalui Kabid tanaman pangan Eraman,SP,KP mengatakan dalam sambutannya ,bahwa di Kabupaten Kepahiang tahun ini kembali mendapatkan bantuan benih padi melalui kelompok tani yang sudah di verifikasi oleh petugas sehingga berhak mendapatkan bantuan benih padi tersebut

banner 336x280

“Kabupaten kepahiang di tahun ini kembali mendapatkan bantuan benih padi hibrida dari Dinas Pertanian Provinsi,sedangkan untuk kelompok tani penerima sudah dilaksanakan CPCL oleh petugas kita “sampai Eraman. 

Ditambahkannya agar armada pengangkut suplai benih ditambah sehingga waktu pendistribusian bibit tersebut tidak memakan waktu lama. ” Kami menyampaikan permohonan maaf karena bapak kepala dinas tidak bisa hadir dalam kesempatan ini,Permintaan kami  kepada pihak penyuplai benih supaya armada pengangkut nya di tambah,agar waktu distribusi ke kelompok tani menjadi cepat,” ujarnya. 

Sementara itu Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian provinsi Rosmala Dewi,S.P.MsI, menyampaikan bahwa bantuan bibit padi di tahun ini mengalami penurunan,hal ini karenakan anggaran memang minim sehingga volume bantuan bibit padi di tahun ini mengalami penurunan.

“Di tahun ini bantuan benih padi mengalami penurunan,dikarenakan anggaran kita mengalami defisit,tapi kita bersyukur masih bisa mengadakan pengadaan bibit padi hibrida di tahun ini masih bisa kita laksanakan,” kata Dewi. 

Dijelaskan Dewi bahwa Kabupaten Kepahiang merupakan tempat penyaluran terakhir. Dengan alokasi lahan sebesar 120 Ha, jauh menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

” Seperti di kepahiang untuk tahun ini mendapatkan bantuan benih  hibrida seluas 120 Ha,dengan varietas inpari 32 kelebihan dari varietas ini tahan terhadap penyakit hawar daun,dan produktivitas nya yang sangat tinggi dan daya tumbuh kecambah di atas 70% sehingga di nilai sangat cocok di kembangkani dataran rendah maupun dataran tinggi,” jalsnya.

Perwakilan PT Hyang seri selaku pemasok bibit invari 32 mengatakan pihaknya mulai mendistribusikan bibit ke kelompok tani sejak awal Mei. 

” Mudah – mudahan dari kami sudah benar- benar siap,baik armada pengangkut, jumlah bibit yang akan di distribusi ke kelompok dan kita mulai distribusi di bulan mei minggu ke dua “sampai Deni. (AND) 

 

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *