Tidak Transparan Anggota KUD Minta Audit Dinas Koperasi

Daerah34 Views
banner 468x60

OKI, www.jejakdaerah.com ,- Diduga tidak adanya Transparansi antara pengurus dengan Anggota KUD Mekar Sari Desa Mekar Sari Kabupaten Mesuji Ogan Komering Ilir sehingga meminta Audit Dinas Koperasi dan UMKM setempat.

Syaipul Bahri (35) Salah seorang anggota Kelompok Tani KUD Mekar Sari yang terletak di Desa Mekar Wangi Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan komering ilir. Selasa (01/03/2022). Mengatakan, dirinya beserta anggota lainnya menuntut pengurus koperasi melaksanakan RAT, karena sudah 3 tahun terakhir koperasi tersebut RAT, yang seharusnya rapat tersebut dilakukan per 3 bulan sekali menurut AD/ART Pendirian koperasi. “Kurangnya transparansi keuntungan laba yang seharusnya dilaporkan oleh pengurus koperasi membuat kami menduga akan adanya tindak pidana KKN serta penyalahgunaan jabatan dan wewenang yang dilakukan oleh oknum pengurus koperasi guna memperkaya diri sendiri.”ujarnya.

banner 336x280

Dirinya mengungkapkan skema tiga tahun terakhir KUD tersebut tidak pernah melaksanakan RAT. Pada tgl 22 Februari sempat akan dilaksanakan kembali Rapat anggota tahunan tersebut. Kemudian diundur kembali pada tanggal 26 tetapi sampai saat ini RAT KUD Mekar sari hanya tinggal wacana. Diapun mengharapkan peran serta Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten OKI untuk segera memanggil serta mengaudit KUD Mekar Sari.

” Kami meminta pihak Dinas terkait untuk segera melakukan audit terkait kinerja dan laporan keuangan KUD yang selama ini tidak transparan terhadap kami para anggota ” harap Syaipul.

(Tri sutrisno)

 

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *