Temuan Sidak Komisi 1, Pelayanan Disdukcapil Bengkulu Utara Belum Maksimal

Advertorial48 Views
banner 468x60

BENGKULU UTARAjejakdaerah.com – Menanggapi keluhan masyarakat terkait pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bengkulu Utara. Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat lakukan inspeksi mendadak (Sidak), Selasa (10/03/2020) pukul 10.00 WIB.

Dalam sidak yang diketuai Febri Yurdiman dan anggota, beberapa masyarakat secara langsung diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan terhadap pelayanan  Disdukcapil.

banner 336x280

Pernyataan dan keluhan secara nyata didapat dari masyarakat. Diantaranya, lambatnya waktu proses pencetakan dokumen, pelayanan yang kurang tertib dan kurang maksimal serta beberapa keluhan lainnya.

Usai sidak, kepada wartawan Ketua Komisi I, Febri Yurdiman menyampaikan bahwa memang adanya ketidaktertiban dalam pemberkasan yang dilakukan dalam pelayanan.

Maka dari itu, pihaknya memberikan beberapa rekomendasi kepada Disdukcapil. Agar dapat menyediakan ruang informasi khusus untuk masyarakat.

“Jadi masyarakat yang datang bisa mendapat informasi secara jelas dan tahu kemana arah untuk mengurus dokumen. Agar masyarakat tidak menunggu lama dan kebingungan di sini,” sampai Febri.

Febri berharap agar pegawai atau SDM di Disdukcapil dapat ditingkatkan dengan dilakukan Bimtek sesuai dengan tupoksi.

“Agar SDM disini lebih memiliki kemampuan dan berkompeten dalam melayani masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil, Waluyo menyampaikan pihaknya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas sidak dan kunjungan yang dilakukan Komisi 1.

“Ini memberikan pencerahan bagi kami, serta masukan-masukan yang positif, supaya pelayanan kami di Dukcapil lebih baik lagi,” ujar Waluyo.

Lanjutnya, pihaknya akan segera menindaklanjuti rekomendasi yang telah disampaikan oleh Komisi 1.

“Demi kebaikan semua, demi peningkatan pelayanan, tentu kami menerima semua rekomendasi dan akan kita usahakan untuk dilakukan,” tambahnya. [nov]

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *