Siapkan Pembangunan 2021, Suro Lembak Gelar Pelatihan TPK

Jejak Desa140 Views
banner 468x60

Kepahiang, www.jejakdaerah.com – Pemerintah Desa Suro Lembak Kecamatan Ujan Mas menggelar Musyawarah Pra Pelaksanaan Pembangunan, Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Pengelola Kegiatan (TPK)  dan Pembagian Bibit Tanaman Secara simbolis, Kamis (03/06/21).

banner 336x280

Musyawarah Pra Pelaksanaan pembangunan dimaksud sebagai bentuk transparan pemerintah desa dalam pengelolaan APBdes kepada semua pihak. Kades menerangkan bahwa pembangunan tahun ini hanya satu item saja yaitu rabat beton yang dialokasikan ke empat titik.

” Musyawarah ini dimaksudkan sebagai Bentuk ketransparanan kita selaku pemerintah desa dalam pengelolaan APBdes. Pembangunan tahun ini hanya rabat beton di 4 titik ” ujar Riskan. 

Kades Suro Lembak, Riskan Efendi  juga menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan TPK  ini didanai dari APBDes Tahun 2021 yang bertujuan untuk tertib administrasi dalam pengelolaan APBDES, meningkatkan kompetensi SDM TPK dan Tim, dan untuk mendapatkan tenaga terampil, terlatih, serta siap dalam upaya peningkatan kuantitas dan kualitas SDM sesuai peraturan perundang-undangan.

” Tujuan pelaksanaan pelatihan ini agar PTK desa kita terampil, terlatih, serta siap dalam upaya peningkatan kuantitas dan kualitas SDM sesuai aturan yang ada, diakhir masa jabatan saya ini saya berharap semua terlaksana dengan baik. BPD harap berperan serta dalm pengawasan ” imbuhnya.

Camat Ujan Mas Sofyan Amsah juga menambahkan di dalam melaksanakan kegiatan di desa, TPK melakukan pengawasan sekaligus pengendalian demi menjamin kualitas dan kuantitas sesuai dengan RAB yang telah direncanakan. Poin penting disini adalah bahwa RAB seyogyanya sudah disusun setelah melakukan survey atau sebelum penetapan APBdes. Sehingga setiap kegiatan diketahui terlebih dahulu kebutuhannya sehingga dananya bisa menyesuaikan. 

” Dalam Pelaksanaan Kegiatan Desa TPK melakukan pengawasan sekaligus pengendalian agr sesuai RAB. Untuk menyusun RAB juga sebelum penetapan APBdes sehingga dana dan kegiatan sinkron ” tutur Sofyan. 

Selain itu Pemerintah Suro Lembk juga menyalurkan Bantuan Bibit Durian dan Alpukat dari Pemerintah Desa Ke BPD. Hingga nanti BPD dapat menyalurkan bibit ini kepada masyarakat. 

Hadir dalam acara ini Kasi PMD Kecamatan Mirfandani,SH, PDTI Heri Irawan,ST., TA Kabupaten, Perwakilan Polsek Ujan Mas, Konsultan, BPP Bambang ,SP, PD Nurma Nengsih, Sekdes Amrullah, dan Tokoh masyarakat. (Ibn)

 

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *