NPHD Ditandatangani, Pemkab Kepahiang Anggarkan Rp 30 M Dana Pilkada

Jejak Desa317 Views
banner 468x60

Kepahiang, www.jejakdaerah.com – Pemerintah Kabupaten Kepahiang bersama Bawaslu dan KPU Kabupaten Kepahiang melaksanakan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) tentang Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024, di Ruang Kerja Bupati Kepahiang pada Senin, (04/12/2023).

Melalui penandatanganan NPHD ini diketahui keputusan final terkait total anggaran Dana Hibah Pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 di Kabupaten Kepahiang sebesar Rp. 30 Milyar. Hal itu disampaikan oleh Bupatimelalui Sekretaris Daerah, Dr. Hartono, M.Pd, bahwa Pemerintah Kabupaten Kepahiang menyetujui anggaran senilai Rp. 23 Milyar untuk KPU dan Rp. 7 Milyar bagi Bawaslu Kabupaten Kepahiang.

banner 336x280

“Total anggaran tersebut akan diberikan sesuai aturan Kemendagri, yaitu 40 persen pada Tahun 2023 dan 60 persen pada Tahun 2024. Sehingga dengan adanya penambahan anggaran Pemilu ini, pastinya anggaran kebutuhan lain di Kabupaten Kepahiang akan banyak mengalami pemangkasan. Oleh karena itu kita sudah menyiapkan data anggaran-anggaran mana saja yang akan dipangkas nantinya,” ungkap Sekda.

Ketua KPU Kabupaten Kepahiang, Ikrok, S.Pd, mengatakan dengan anggaran yang diberikan sesuai kebutuhan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pada setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu nanti.

“Alhamdulillah, kebutuhan yang diajukan sejak awal dapat dipenuhi oleh Pemkab. Kepahiang. Tentu kami mengucapkan terimakasih kepada pihak TAPD dan Banggar yang telah membahas anggaran yang kami minta. Yang jelas dengan support yang diberikan ini, tentu pelaksanaan Pemilu juga akan kami maksimalkan dengan baik,” ujar Ikrok.

Terhadap hal itu Ketua DPRD Kabupaten Kepahiang, Windra Purnawan, SP usai pelaksanaan penandatanganan mengatakan, dengan penambahan anggaran tersebut tentunya akan dilakukan perubahan terkait rasionalisasi program dan kegiatan APBD Kabupaten Kepahiang Tahun 2024.

Nantinya melalui Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kepahiang akan kita lihat program kegiatan yang paling urgensi. Akan kita cari skema-skema yang paling memungkinkan supaya roda pemerintahan Kabupaten Kepahiang dapat tetap berjalan sesuai harapan, seiring suksesnya pelaksanaan Pilkada Tahun 2024,” ungkap Ketua DPRD. 

Lebih lanjut dia mengatakan DPRD Kabupaten Kepahiang siap bekerjasama demi mewujudkan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, yang diharapkan dapat berjalan baik, tertib dan damai.

Untuk diketahui pada kegiatan ini hadir Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, M.M., IPU, Forkopimda Kabupaten Kepahiang, Ketua KPU Kepahiang, Ketua Bawaslu Kepahiang, Asisten Bupati beserta segenap Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang. (Fro)

 

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *