Maju Jalur Perseorangan, Armansyah-Masropen Kurang Dukungan

Politik31 Views
banner 468x60

LEBONG – Bakal Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati melalui jalur perseorangan Armansyah Mursalin dan Masropen Iriadi kekurangan 5634 dukungan.

Hal tersebut berdasarkan hasil Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebong Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Lebong. 

banner 336x280

Rapat pleno yang dipimpin langsung Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr didampingi 4 Komisioner KPU Lebong, Yoki Setiawan, Devi Irawan, Effan Lavandes, dan Yayan Hardian. 

Bersama Bawaslu Lebong dan Liaison Officer (LO) Armansyah Mursalin dan Masropen Iriadi di Aula KPU Lebong, Selasa (21/7/2020).

Dimana diketahui jumlah dukungan berjumlah 6.606 dukungan yang sudah diverifikasi faktual. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.906 dukungan dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan 1.700 dukungan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). 

Sedangkan syarat dukungan yang harus dipenuhi pasangan perseorangan untuk Kabupaten Lebong, minimal sebanyak 7.723 dukungan.

Secara jumlah dukungan pasca Verfak, pasangan Armansyah Mursalin – Masropen Iriadi saat ini masih kekurangan sebanyak 2.817 dukungan. 

Maka, untuk memenuhi syarat dalam masa perbaikan berkas, pasangan ini harus menyerahkan dukungan minimal dua kali lipat dari jumlah kekurangan tersebut, atau sebanyak 5.634 dukungan.

Dalam keterangannya Yoki Setiawan selaku Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan mengatakan bahwa, kekurangan dari jumlah minimal syarat dukungan calon pasangan perseorangan tersebut harus diserahkan dua kali lipat dari jumlah kekurangannya.

“Kekurangannya 2.817 dukungan, maka sebanyak 5.634 dukungan atau dua kali lipat dari jumlah kekurangan yang harus diserahkan. Saat tahapan perbaikan berkas dukungan pada 25 hingga 27 Juli 2020,” kata Yoki.

Lebih lanjut Yoki mengatakan, setelah penyerahan berkas, KPU akan kembali melihat kelengkapan berkas tersebut. Jika sudah lengkap, dilanjutkan diverifikasi administrasi kemudian juga akan diverifikasi faktual.

“Verifikasi faktual nantinya hanya 8 hari, yakni pada 8 Agustus hingga 16 Agustus 2020,” ucap Yoki.

Sementara itu, Liaison Officer (LO) pasangan Armansyah Mursalin- Masropen Iriadi, Redhal Fadly dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan berkas dukungan untuk melengkapi jumlah kekurangan sebelumnya. 

Bahkan kata Redhal, pihaknya saat ini sudah mengantongi berkas mencapai 14 ribu dukungan baru, dan optimis dapat memenuhi syarat dukungan calon perseorangan tersebut.

“Kita sudah siapkan berkas perbaikan 13 – 14 ribu dukungan baru. Mulai 23-24 Juli ini kita akan masukan dalam aplikasi pencalonan (Silon) KPU. Supaya kita bisa masukkan berkas hari pertama pembukaan penerimaan berkas perbaikan,” pungkas dia. [bam]

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *