LSM Cahaya Perempuan dan LBH Kepahiang Berharap Polisi Beri Sanksi Setimpal Untuk IRT Korban Kekerasan dan Eksploitasi

Hukum95 Views
banner 468x60

Kepahiang, www.jejakdaerah.com – Dugaan Eksploitasi dan Kekerasan terhadap ibu rumah Tangga Mawar( 35 Th) yang terjadi di tempat usaha dan kediamannya saat ini ditangani LSM Cahaya Perempuan dan LBH Kepahiang. 

Salah satu Advokat dari LBH Kepahiang Dummi Yanti,SH mengatakan Hak Korban harus terpenuhi dan  untuk pelaku harus mendapatkan sanksi yang setimpal.

banner 336x280

” Hari ini korban telah resmi meminta pendampingan dan perlindungan hukum ke LBH Kepahiang,dimana sebelumnya korban telah melaporkan yang dialaminya ke PPA Polres Kepahiang. kami akan mengupayakan agar pelaku mendapatkan hukum yang setimpal,” sampai Dummi. 

Nyimas Aliyah selaku ketua Umum Srikandi Tenaga Pembangunan Sriwijaya Pusat yang tergabung dalam Koalisi Perempuan Indonesia, mengatakan korban minta pendampingan pada 14 September 2023 lalu. Bersama LSM Cahaya Perempuan pihaknya akan melakukan upaya untuk penanganan, pendampingan dan penguatan  terhadap Mawar serta upaya perlindungan terhadap Mawar.

” Yang paling penting apabila terbukti kasus eksploitasi dan kekerasan  ini terjadi harus ditindaklanjuti,  karena UU Tindak penghapusan Kekerasan ini sangat kuat melindungi kaum Perempuan sebagai korban. Apalagi Korban sudah membuat laporan disertai kronologis disamping itu Polisi harus bisa melengkapi alat bukti lain dengan Visum. Selain itu Visum  Et Repertum  supaya tau bagaimana trauma dari kejiwaan dan bahasa tubuhnya seperti apa harus respectif kepada korban memastikan bahwa dia korban,” sampai Nyimas.  

Untuk saat ini karena korban tidak bisa kembali ke kediamannya tentu akan ditempatkan di rumah aman.

Dengan maraknya berbagai kasus terhadap perempuan dibutuhkan “Rumah Aman”  di Kabupaten Kepahiang yang dapat melindungi korban, LSM Cahaya Perempuan berharap Pemerintah Kabupaten Kepahiang dan DPRD, untuk secepatnya menganggrakan agar  terealisasi berdirinya  rumah aman di Kabupaten Kepahiang. Sehingga korban setelah melapor mendapatkan perlindungan.  ( Red)

 

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *