Jaringan Irigasi Rusak, Warga Gotong Royong dan Mohon Perhatian Dinas Terkait

Jejak Desa83 Views
banner 468x60

Kepahiang, www.jejakdaerah.com – Puluhan warga Desa Tertik Kecamatan Tebat Karai melakukan gotong royong secara swadaya untuk memperbaiki irigasi induk sawah pengeram pinggir kuning 2, Kamis (27/01).

Ratusan warga desa sangat bergantung dari air irigasi tersebut, akibat dari rusaknya irigasi menyebabkan ratusan hektar sawah ini terganggu perairannya, dan terancam gagal. Peristiwa ini sudah terjadi kedua kalinya.

banner 336x280

Menyikapi Hal ini Kepala Desa Tertik, Tamrin melalui Kasi Pemberdayaannya, Desik Dolarman mengatakan mereka mengambil inisiatif untuk Gotong Royong bersama warga dan membeli peralatan seadanya dengan biaya pribadi.

” Ini hari kedua gotong royong warga Tertik perbaikan irigasi induk sawah pengeram pinggir kuning 2), Saluran pipa sementara kita buat dari tong dan semua biaya kita keluarkan secara sukarela ” ujar Desik.

Ditambahkannya ia berharap Kepada Dinas PUPR Kepahiang memberi perhatian terkait permasalahan ini. Karena putusnya Irigasi ini sudah  kedua kalinya. Ia berharap kepada yang di tugaskan sebagai penjaga Pintu Air Irigasi Pinggir Kuning 2 untuk Cross Check kelapangan dan membuat laporan untuk hal ini. Sehingga kedepan petani tidak terhambat untuk melakukan penanaman padi di lahan sawah milik mereka

” Harapan kami  warga desa Tertik dan pengguna air  Dinas terkait tanggap, untuk petugas PPA agar bisa turun Cross Check langsung kelapangan jangan cuma bisa makan gaji buta saja ” harap nya

(Andv)

. .

 

 

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *