Jahe Merah Jadi Produk Unggulan Desa Pagar Agung Benteng

Jejak Desa145 Views
banner 468x60

Bengkulu Tengah , www.jejakdaerah.com – Sebagai salah satu desa yang dipercaya untuk mengembangkan Produk Unggulan Desa ( Prokudes ) , Pemdes Desa Pagar Agung Kecamatan Merigi Sakti Kabupaten Bengkulu Tengah bersama warga melalui musyawarah desa ( Musdes ) sepakat memilih tanaman jahe merah untuk dibudidayakan . Mengingat tanaman jahe merah sedang digandrungi oleh banyak pihak karena dipercaya dapat meningkatkan imun dari serangan virus dan baik untuk menjaga kebugaran . Dan dari segi ekonomi jahe merah memiliki harga yang cukup stabil di pasaran dan begitu juga dengan panennya tidak membutuhkan waktu yang begitu lama .

Rudi Hartono selaku Kades Pagar Agung, Rabu (28/07) menjelaskan bahwa Pemdes menyiapkan bibit jahe merah sebanyak 251 kg untuk ditanami di atas lahan seluas lebih kurang 50 x 50 m2 . Yang mana lahan tersebut disewa dari salah seorang warga .

banner 336x280

” Kita dari Pemdes sudah menyiapkan bibit jahe merah sebanyak 251 kg untuk lahan seluas lebih kurang 50 x 50 m2 . Kemudian untuk pengolahan lahan mulai dari pembersihan , pengemburan , pemupukan , penanaman hingga perawatan dilakukan dengan sistem padat karya tunai desa¬† ” Ungkap Rudi Hartono .

Kemudian lebih lanjut Rudi Hartono mengharapkan dengan adanya Produk Unggulan Desa ini sekiranya mampu membuka lapangan pekerjaan baru untuk warga di tengah – tengah kondisi pandemi covid 19 ini .

” Saya berharap kedepannya Produk Unggulan Desa ini mampu membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan baru untuk warga kita . Karena disamping warga bisa menjual hasil panennya warga juga bisa berinovasi untuk mengelola hasil panennya sendiri misalkan dengan mengolah menjadi produk minuman ” Ujar Rudi Hartono .

 

( And / DS )

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *