Itik dan Pepaya Kalina Implementasi Ketahan Pangan Desa Taba Air Pauh

Pembangunan48 Views
banner 468x60

Kepahiang, www.jejakdaerah.com – Itik dan Pepaya Kalina menjadi Pilihan Masyarakat Desa Taba Air Pauh Kecamatan Tebat Karai untuk mengolah Anggaran Ketahanan Pangan yang dianggarkan Pemerintah Pusat sebesar 20% dari   Dana Desa Tahun 2022.

Kepala Desa Taba Air Pauh Feri Apriandi,A.Md.Kep mengatakan bahwa musyawarah pra pelaksanaan dan Bimbingan Teknis telah digelar,Senin( 03/10) lalu. Yang dihadiri pihak Dinas PMD, Camat Tebat Karai, Dinas Pertanian, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, BPD, Tokoh Masyarakat dan Kelompok Tani. 

banner 336x280

” Itik petelor dan pepaya Kalina jadi pilihan masyarakat. Dimana nantinya untuk itik akan dibentuk kelompok Tani sebagai pengolah dan pepaya akan dibagikan ke setiap KK,” sampai Feri.  

Ditambahkan Feri sudah disediakan sekitar 1200 ekor itik dewasa yang produktif serta pakan yang diserahkan ke kelompok tani. Diharapkan dengan sistem pengolahan yang baik nantinya bisa memproduksi telor itik. Pepaya Kalina dapat ditanam masing masing-masing rumah, selain perawatan yang tidak sulit pepaya ini juga mempunyai nilai ekonomis dan gampang di kembangkan.

Selaku pemerintah desa pihaknya berharap ketahan pangan ini nantinya dapat berkesinambungan sehingga meningkatkan  ketahanan pangan di desa. 

” Semoga Anggaran yang digelontorkan Pemerintah  ini dapat benar benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa sebagaimana harapan kita bersama,” harap Feri. (Froda) 

 

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *