Desa Kutorejo Gelar Bimtek Pokja Relawan Pendataan Desa 2021 SDGs

Jejak Desa232 Views
banner 468x60

Kepahiang,www.jejakdaerah.com – Pemerintah Desa Kutorejo menggelar Bimtek Pokja Relawan Pendataan Desa 2021 “Sustainable Development Goals” di Balai Desa setempat, Jum’at (30/01/21).

banner 336x280

Materi Bimtek diisi oleh  pendamping Desa Happy Aprilia Ratna Sari,S.os dan Pendamping Lokal Desa ( PLD) Eni Nurleti, S.Pd. SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. 

” Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021″ jelas Aprillia.

Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut. 

Upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa. Adapun 10 SDGs dimaksud dalam situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 adalah :

 

  1. Desa tanpa kemiskinan,
  2. Desa tanpa kelaparan,
  3. Desa sehat sejahtera,
  4. Keterlibatan perempuan desa,
  5. Desa berenergi bersih dan terbarukan,
  6. Pertumbuhan ekonomi desa merata,
  7. Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan,
  8. Desa damai berkeadilan,
  9. Kemitraan untuk pembangunan desa, dan
  10. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif

Oleh karena Pemerintah Desa Kutorejo telah membentuk Tim Kelompok Kerja (Pokja) untuk mewujudkan pencapaian yang telah diprioritaskan. Pokja ini terdiri dari unsur Perangkat Desa,Kaur, Kadus,BPD dan Linmas Desa Kutorejo. 

Tim Pokja juga di ajarkan mengunduh Aplikasi, menggunakannya. Selanjutnya untuk yang belum dipahami dan berbagai tantangan di lapangan  bisa berkonsultasi dan tanya jawab dengan pendamping desa. Pendamping desa berharap pendataan dan persiapannya dapat selesai per 31 Mei 2021. 

” Semoga tim pokja Solid agar selesai per 31 Mei ” harap Aprillia.

Acara dihadiri Kepala Desa Kutorejo Indun Sarmadawati, BA, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan segenap Perangkat Desa Kutorejo. (DRL)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *