Bumdes Sumber Urip Mangkurajo Kreatif Produksi Pupuk Kompos, Bermanfaat Bagi Petani

Daerah47 Views
banner 468x60

Lebong, www.jejakdaerah.com – BUMDES Sumber Urip Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan memproduksi Pupuk Kompos yang menggunakan bahan cukup sederhana untuk menunjang perekonomian masyarakat setempat. 

Kompos ingin Sangat bermanfaat   bagi masyarakat Desa Mangkurajo  sebagai petani  palawija, sayur-sayuran, cabe dan jenis tanaman lain nya.Ketua Bumdes Sumber Urip, Bambang (29/03)  menyampaikan mereka membuat pupuk kompos dengan bahan cukup sederhana, dan berasal dari lingkungan sekitar yang mudah didapat.

banner 336x280

” Bahan yang kita siapkan yaitu bahan baku nya pupuk kandang, didukung dengan kompos yang lain Jerami, kemudian ditambah gula pasir, dan EM 4,” jelas Bambang. 

Dijelaskan Bambang proses produksi pembuatan pupuk kompos ini sudah berjalan sejak tahun 2021 yang lalu bahkan setahun ini  petani sudah banyak yang menggunakan hasil produksi BUMDES ini.

” Sebagai contoh perangkat Desa juga menggunakan pupuk kompos ini, memang dari Bumdes menggerakan sebagai contoh ke masyarakat ,” imbuh Bambang.

Ditambahkan  oleh Kepala Desa M. Sheri  Melaui Sekertaris Desa Ahmad Taufik dalam hal ini pihaknya ikut serta dalam penggunaan  pupuk kompos yang diolah oleh Bumdes Sumber Urip Desa Mangkurajo.

” Alhamdulillah pada Tahun 2021 sudah kita laksanakan dan saya sendiri ikut memakai dari hasil produksi Bumdes, Alhamdulillah hasil nya cukup memuaskan arti nya dengan ada nya pembuatan pupuk kompos ini otomatis para petani sangat terbantu, salah satunya untuk mengurangi pembiayaan pembelanjaan pupuk Kimia,” jelasnya.

Dalam hal ini Pemerintah Desa Sangat mendukung upaya yang dilaksanakan oleh Bumdes Sumber Urip Desa Mangkurajo ini, semoga kegiatan ini tetap berlanjut dan sama-sama bersinergi untuk meningkatkan produksi.

” Kita tau Desa Mangkurajo penghasil Kopi,Sayuran, cabai dan tanaman lainnya sangat membutuhkan pupuk tersebut, maka dari itu petani sangat terbantu dengan ada nya pembuatan pupuk kompos ini, kami sangat mengapresiasi Apresiasi dan kami dukung sepenuhnya,” tutup Sekdes.(Armen) 

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *